Komoditi kelapa sawit tak ubahnya seperti emas hijau. Tentu ini menjadi peluang besar bagi distributor pupuk NASA untuk meraih pasar. Namun potensi yang besar tentu harus disambut juga dengan rencana yang matang. Termasuk mengenal karakter konsumen petani sawit untuk meningkatkan penjualan.
Berikut adalah pola-pola penjualan yang bisa kita terapkan pada konsumen :
- Ciptakan Perasaan Terhubung
Setiap daerah memiliki karakter petani sawit yang berbeda-beda. Pendekatan door to door penting dilakukan agar petani merasa terhubung dengan kita. Target kita adalah petani bisa fokus mendengarkan dan bisa mencoba produk pupuk. Jika petani sudah mencoba dan terbukti hasilnya, maka petani yang lain akan tergerak. Dari situ baru lakukan home sharing untuk membahas manfaat dan persentase hasil setelah menggunakan. Biasanya setelah itu terjadi peledakan penjualan yang luar biasa.
- Jangan Jualan, Tapi Bagikan Ilmu
Dalam pendekatan awal hindari langsung promosi produk. Namun diberi pemahaman terhadap petani dengan penyuluhan bagaimana pentingnya pupuk organik nasa. Berikan penjelasan kepada petani akibat dari pemupukan kimia jangka panjang dan jumlah besar. Jika petani sudah paham bahwa mereka selama ini salah menerapkan pupuk kimia, maka kita mulai arahkan ke pupuk organik nasa. Buat petani merasa senang mendapat ilmu, maka meraka akan dengan sendirinya membeli produk kita.
- Jangan Jualan, Tapi Berikan Pengalaman
Pengalaman itu tidak sebatas memakai produk, namun juga pengalaman mendengar dan pengalaman melihat. Ketika disuatu wilayah sudah menggunakan produk nasa dengan hasil bagus, maka desa-desa lain biasanya akan mengikuti. Oleh karena itu lakukan pendampingan dengan sabar dalam pemakaian pertama produk nasa, seperti survey lahan, penerapan dosis dan sebagainya supaya hasilnya bagus. Tipikal petani sawit di Bangka Tengah bahkan rata-rata hanya cukup melihat, karena ketika melihat ada petani lain telah membuktikan pemakaian pupuk nasa hasilnya bagus mereka secara otomatis akan mengikuti.
- Bidik Orang Berpengaruh Dalam Lingkaran Konsumen
Jika kita bisa memegang orang berpengaruh dalam lingkungan petani sawit, bisa jadi kita tidak perlu lagi melakukan penjualan door to door. Metode ini memungkinkan kita melakukan penjualan massal bahkan membuka peluang peledakan yang luar biasa. Seperti yang dilakukan Pak Irwanto, ia membidik orang yang berpengaruh besar seperti kepala desa, camat atau pengusaha sawit yang besar di sebuah wilayah. Undanglah orang-orang berpengaruh ini untuk memberikan kesaksian di pertemuan, bisa juga kolaborasi dengan kelompok-kelompok tani. hal ini tentu bisa dilakukan jika kita juga membuat tim yang solid sehingga bisa menyentuh berbagai lapisan masyarakat sesuai karakternya.
Tidak ada komentar: